6 Jul 2013

Cara membuat GMAIL step by step (bagi pemula buangeeet)

Membuat Email di Google mail(Gmail)

              Sebelum kita membuat blog wajib ain hukumnya kita memiliki email, Apa sih Email? Bagaimana cara membuat Email ?!. Email atau Electronic Mail merupakan sebuah media komunikasi elektronik yang bisa memudahkan kita untuk mengirimkan teks, gambar, file atau apa saja melalui internet.
Saat ini email merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karena selain digunakan sebagai media komunikasi, saat ini email pun bisa di gunakan sebagai identitas pribadi. Sebagai contoh, untuk mendaftar di facebook atau twitter, kita wajib memiliki alamat e-mail. 
Tidak usah berlama-lama lagi berikut tutorial membuat Gmail :
Pertama ketikkan www.gmail.com di adress bar lalu tekan enter :




Setelah itu anda akan dibawa ke tampilan log in/sign in gmail :
Untuk membuat akun gmail baru anda tinggal meng-klik “buat akun” di pojok atas kanan.
(lihat gambar)




Anda akan dibawa ke tampilan daftar seperti gambar dibawah ini :

Langkah selanjutnya lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom yang tersedia :
Lihat gambar selanjutnya :
Isi data sesuai data diri anda, kali ini saya menggunakan data diri saya sebagai contoh, silahkan ganti sesuai dengan data diri anda :
1.       Isi dengan nama depan dan belakang
2.       Pilih nama pengguna yang nanti akan   digunakan untuk loggin.
3.       Buat sandi anda untuk digunakan saat log-in nanti, gunakan kombinasi huruf dan angka akan membuat sandi anda lebih kuat dan aman. Setelah itu konfirmasi kembali sandi anda sesuai yang dibuat tadi.
4.       Isikan tahun, bulan, dan tanggal lahir anda. Dan pada kolom gender isikan jenis kelamin anda (laki-laki atau perempuan)
5.       Isikan nomor ponsel anda, ini berguna untuk memverifikasi gmail anda nanti, selain itu nomor ponsel anda berguna untuk mengaktifkan kembali akun gmail anda bila suatu saat anda lupa kata sandi atau lupa alamat gmail anda.

6.       Untuk “alamat email anda saat ini” bisa anda isikan bila anda memiliki email, ini juga berguna untuk mengembalikan akun gmail anda bila suatu saat terjadi masalah, misalnya lupa alamat gmail dan sandi. Setelah itu ketik kembali tulisan hitam yang ada dibawahnya dikolom yang tersedia (lihat gambar). Bila anda kesusahan membaca tulisan yang hitam tersebut anda bisa menggantikanya dengan meng-klik tanda lingkaran di samping kanan kolom. Setelah itu centang atau klik “saya menyetujui persaratan layanan…..blablabla”. lalu klik langkah selanjutnya yang berada dikanan bawah.

Setelah anda mengisi data diri akan anda perintah untuk memverifikasi email anda dan pihak gmail akan mengirimkan kode verifikasi,
Lalu cek inbox/sms masuk di ponsel anda yang menggunakan nomor yang telah didaftarkan pada saat mengisi data diri:
setelah masuk kode verifikasi dari pihak google lalu copy kode tersebut dan paste atau salin ke kolom perintah digambar sebelumnya ,lihat gambar :
Setelah itu klik lanjutkan seperti digambar.

Selanjutnya anda akan dialihkan  ke tampilan seperti ini , lalu klik langkah selanjutnya :


Lalu akan ada sambutan selamat datang untuk anda, lalu klik Lanjutkan ke Gmail:









Selesai, selanjutnya kita coba melakukan log in, sebelumnya keluarkan dahulu akun gmail anda, klik keluar seperti gambar dibawah :
Setelah itu ketik kembali www.gmail.com pada address bar anda, lalu lakukan log in dengan mengetik email dan kata sandi yang tadi telah anda buat :
 






Sekarang anda sudah memiliki Gmail dan berhak mendapatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan google

No comments:

Post a Comment

Followers