11 Oct 2015

Tips Trik Buat Slide foto jadi Video dengan Windows Movie Maker

Selamat malam sobat Akb-Indo. Jika sebelumnya saya posting tentang Penemu virus pertama didunia kali ini saya akan berbagai sedikit pengetahuan saya tentang Moviemaker.
Bagi sobat yang bergelut didunia editor (video) sudah pasti mengenal dengan Software satu ini, ya Windows Movie Maker. Movie Maker adalah Basic software editing video setidaknya itulah yang saya ketahui, karna apabila kita sudah menguasai Basic edit video maka untuk menjadi editor handal bukan lagi sekedar mimpi, saya katakan itu karena ketika kita melakukan Editing di Software-software yang lebih Pro untuk Editing Video seperti Proshow sampai After effect istilah-istilah dalam Movie Maker akan kita temui kembali, nah apabila sudah kita kuasai maka kita hanya perlu mengembangkan kreativitas agar hasil video yang kita buat lebih menarik.


Pembahasan kali ini saya lebih memfokuskan pada tips dan trik serta cara membuat Slide photomenjadi video, disisipi lagu yang akan membuat Slide tersebut makin enak dipandang.
Langsung saja ke tutorial, silahkan perhatikan gambar dibawah ini : 



3 Panel utama didalam Windows Movie maker :


  • Capture Video : Pada panel ini kita bisa menambahkan Foto, Video, serta Audio yang nanti akan kita edit.
  • Edit Movie : Panel yang kita gunakan untuk menambahkan effect, Transisi, juga Title (teks)
  • Finish Movie : Jika apayang kita edit sudah dirasa cukup untuk dibuat menjadivideo maka panel inilah yang nanti kita gunakan.

Step by Step Edit Foto menjadi Video (Slide)

Pertama Buka Windows Movie maker, Siapkan foto yang akan kita edit menjadi Slide video. Import Picture untuk menambahkan foto yang sudah kita siapkan ke tab Collections.
Klik kanan pada foto dicolections lalu pilih Add to timeline, bisa juga kita drag and drop ke timeline (lihat gambar dibawah ini :



Selanjutnya kita bisa menambahkan audio dengan cara import audio or music, agar tidak ada kendala ketika editing alangkah baiknya kita convert dulu lagu tersebut jika formatnya mp3 kita convert menjadi WAV atau WMA, banyak software convert bisa kita temukan dengan searching di google salah satu software convert yang lengkap adalah Format factory, klik Disini untuk download Format factory.

Setelah audio tadi selesai diconvert silahkan import dan tambahkan ke timeline. Kitapun bisa menambahkan cuplikan video inipun lebih baikkita convert terlebih dahulu menjadi WMV melalui format factory.

Sekarang bahan-bahan yang ingin kita edit telah siap selanjutnya kita akan bahas bagaimana menerapkan effect dan transisi serta Title(teks).

Bagaimana cara menerapkan effect dan transisi serta Title(teks) di windows Movie maker:

Penerapan effect :
Dua cara sederhana : kita bisa menambahkan effect dengan menggeser effect yang ada dipanel edit movie.
Klik View Video effect pada panel edit movie, disana kita bisa lihat effect yang tersedia, bisa kita review dan lihat terlebih dahulu, jika cocok tinggal kita tarik ke foto yang ingin kita terapkan effect tersebut,lihat gambar :
Cara kedua adalah dengan klik kanan pada foto yang ingin kita terapkan effect lalu pilih video effect , klik add untuk menambahkan effect atau remove untuk membuang effect. Kita bisa menambahkan lebih dari 1 effect dalam satu foto.

Penerapan Transisi
Aspek penting lainnya adalah Transisi, yaitu tampilan perpindahan antara satu foto ke foto selanjutnya, kenapa dibilang penting? Karna jika perpindahan antar foto satu dengan lainnya tidak menggunakan transisi kurang begitu menarik. Ada banyak jenis transisi dalam Movie maker, kitabisa lihat dipanel edit movie – view video transitions : caranya sama dengan penerapan effect kita bisa menggeser transisi yang kita inginkan dan letakkan dianta dua foto, ini akan menjadi tampilan perpindahan antara foto satu dengan lainnya :

Kita dapat mengatur durasi transisi dengan menggeser foto kedua kearah kiri sampai memasuki foto pertama, semakin memasuki foto pertama maka durasi transisi semakin lama.
Penerapan Title
Title berupa teks bisa kita tambahkan kedalam timeline, kehadiran title membuat Slide kita lebih hidup. Title berupa teks bisa kita tambahkan dimenu Make Title or Credit pada panel Edit movie.
Klik Make title or credit, disana ada banyak pilihan, kita pilih add title beginning :

Keterangan gambar :
Change the title animations : untuk merubah animasi title kita, disana ada banyak pilihan yang bisa kita jadikan title untuk slide kita.
Change the text font and color : untuk merubah jenis huruf, warna huruf, besar kecil huruf title, reviewnya bisa kita liat dilayar.
Jika sudah kita pilih klik Done, add title to movie.
Title kita akan masuk ke jejeran Video atau foto, jika kita ingin menerapkan dan menampilkan tepat bersama foto kita bisa tarik title tersebut dan letakkan dibarisan Title/credit.

Selanjutnya adalah panel terakhir yaitu Finish movie, seperti yang saya katakan ini adalah panel untuk membuat editan yang telah kita buat menjadi video yang bisa kita putar dipemutar video manapun yang sesuai. Dalam panel ini kita bisa menentukan kualitas video yang kita inginkan, semakin besar maka semakin besar juga size video kita.
Klik save to my computer, lalu tentukan nama dan dilokasi mana akan kita simpan. Lalu klik next, dan disini kita bisa mengatur kualitas video kita. Setelah kita tentukan klik saja next sampai proses berjalan dan selesai.
Dan finish kita sudah mengedit video slide. Cara ini bisa kita kembangkan sendiri untuk hasil yang lebih baik.
Ini salah satu contoh hasil editan video buatan saya menggunakan movie maker :



1 comment:

Followers